PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN IBADAH SHALAT BAGI ANAK (Studi kasus pada keluarga karyawan pabrik di Kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)

ZUMAROH, ZUMAROH (2020) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN IBADAH SHALAT BAGI ANAK (Studi kasus pada keluarga karyawan pabrik di Kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peranan orang tua sebagai suritauladan dalam menanamkan ibadah shalat pada anak di kelurahan Batursari,Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? 2) 1) Bagaimana Peranan orang tua sebagai Fasilitator dalam menanamkan ibadah shalat pada anak di kelurahan Batursari,Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak?. 3. Bagaimana Peranan orang tua sebagai Motivator dalam menanamkan ibada shalat pada anak di kelurahan Batursari,Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? Tujuan penelitian 1).Untuk mendiskripsikan peranan orang tua sebagai suri tauladan dalam menanamkan ibadah shalat pada anak 2) Untuk mendiskripikan peran orang tua sebagai fasilitator dalam menanamkan pengamalan ibadah shalat pada anak.3) untuk mendiskripsikan peran orang tua sebai motivator dalam menanamkan beribadah shalat pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar di Kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sumber data didapatkan dari keluarga karyawan pabrik di kelurahan Batursari Kecamatan Mranggen.Teknik mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan sistem berpikir induktif untuk menemukan makna-makna dari data yang ada, kemudian untuk menarik kesimpulan secara general. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran orang tua sebagai suri teladan dalam menanamkan pendidikan shalat anak merupakan hal terpenting dalam proses pendidikan anak.Di sinilah peran penting orang tua dalam menentuan warna kepribadian anak-anaknya. Sebagai orang tua kita adalah figur yang paling dekat dengan anak. Apapun yang kita lakukan akan menjadi model pendidikan bagi anak-anak kita 2) Peran orang tua sebagai fasilitator bertanggung jawab menyediakan diri untuk terlibat dalam membantu belajar anak di rumah, mengembangakan keterampilan belajar yang baik. Anak yang sedang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan pokoknya, juga membutuhkan fasilitas belajar seperti ruang belajar, meja, kursi, penerangan, alat tulis menulis, buku dan lain-lain 3). Peran orang tua sebagai motivator,dalam menanamkan pendidikan ibadah shalat anak sangat penting,karena Motivasi merupakan suatu usaha yang di sadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang anak agar dia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu kata kunci: Peran orang tua,Anak,Pendidikan shalat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:19
Last Modified: 21 Apr 2021 03:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item View Item