MUGIARTI, MUGIARTI (2020) ANALISIS PENGARUH PERILAKU GURU TERHADAP KESOPANAN SISWA KELAS VI SDN SEMBUNGHARJO 02 KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (141kB) |
|
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (332kB) |
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (99kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
Abstract
Tujuan dari diakukannya penelitian ini adalah untuk menetahui apakah ada perilaku guru memiliki pengaruh terhadap sikap terutama kesopanan siswa kelas VI SDN Sembungharjo 02. Pendekatan yang digunakan dalam penelita ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis instrument. Instrument yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perilaku guru diketahui melalui berbagai temuan-temuan diantaranya, guru berpartisipasi dalam kegiatan siswa, guru juga memberikan reward atau hadiah kepada siswa, guru berikap acuh terhadap siswa yang menggunakan bahasa sarkasme, guru memulai pembelajaran tepat waktu dan memberikan sesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, dan yang terakhir diterapkannya budaya Senyun, Salam dan Sapa. Dari analisis instrument pula dapat diketahui bahwa perilaku guru berpengaruh terhadap kesopanan siswa, hal ini terbukti dengan adanya temuan – temuan yang Adanya timbal balik yang mana ketika guru memberikan reward maka siswa akan mengucapkan terimakasih, siswa yang masih menggunakan tutur bahasa yang kurang sopan dikarenakan guru yang acuh, ketika guru memulai pembelajaran tepat waktu dan memberikan sesempatan siswa mengungkapkan pendapatnya membuat siswa mau mengakui dan meminta maaf atas kesalahannya, dan ketika sekolah atau guru menerapkan budaya senyum, salam, dan sapa membuat siswa senantiasa menyapa dan memberikan salam. Kata Kunci : Pengaruh, Perilaku guru, Kesopanan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 07:57 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 07:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19288 |
Actions (login required)
View Item |