PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 2 TERNADI

Ardi, Bayu Adityo (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 2 TERNADI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui pencapaian KKM siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika kelas IV. Kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil nilai signifikansi yang menunjukkan angka 0,200 > 0,05. Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional (X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (Y1). Selanjutnya hasil uji independent menunjukkan nilai signifikansi menunjukkan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran; dan (2) Saat pretest, kelas eksperimen siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 3 siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM sebanyak 17 siswa. Sedangkan setelah posttest yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa dan terdapat 4 siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:56
Last Modified: 20 Apr 2021 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item