ANALISIS PERCEPATAN WAKTU PADA PEKERJAAN SIPIL PROYEK PEMBANGUNAN LPG REFRIGERATED DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN TIME COST TRADE OFF (TCTO)

BURHANUDIN, MOHAMMAD SHODIG (2022) ANALISIS PERCEPATAN WAKTU PADA PEKERJAAN SIPIL PROYEK PEMBANGUNAN LPG REFRIGERATED DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN TIME COST TRADE OFF (TCTO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800058_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Pembangunan LPG Refrigerated yang terletak di tuban, Jawa Timur saat ini sedang dalam proses pembangunan. Pengerjaan proyek direncanakan dalam waktu 399 hari dengan nilai total proyek sebesar Rp. 14.584.800.000. Selama pelaksanaan proyek sering mengalami keterlambatan aktivitas pekerjaan yang menyebabkan durasi waktu penyelesaiannya mengalami kemunduran dari jadwal yang telah ditentukan. Akibatnya terjadi penundaan waktu untuk memulai aktivitas pekerjaan berikutnya. Hal tersebut tidak hanya menambah durasi umur proyek, akan tetapi juga mengakibatkan pembengkakan anggaran biaya. Banyak faktor yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian terhadap suatu pekerjaan antara lain ketersediaan material, kondisi alam, letak geografis dan faktor lainnya. Dengan demikian perlu diadakan analisa untuk mempercepat durasi proyek, dimana pada penelitian ini akan menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dan Time Cost Trade Off (TCTO) untuk melakukan percepatan durasi waktu pada aktivitas yang berada dijalur kritis. Hasil Perhitungan menggunakan metode Time Cost Trade Off didapatkan durasi dan biaya optimal proyek pembangunan LPG Refrigerated yaitu selama 364 hari dengan penambahan 1 jam lembur yang dapat mempercepat proyek hingga 35 hari dari durasi normal yaitu selama 399 hari dengan total penambahan biaya sebesar Rp. 235.580.228. Kata Kunci: Pembangunan, Keterlambatan, Critical Path Method (CPM), Time Cost Trade Off (TCTO), Percepatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:50
Last Modified: 24 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item