PENINGKATAN KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TEKNIK CLOSE READING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MA NAHDLATUL ULAMA’ PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Arifin, Muhammad Zainal (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN TEKNIK CLOSE READING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MA NAHDLATUL ULAMA’ PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (361kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (450kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (449kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Kata kunci: artikel, Cooperative Integrated Reading and Composition, ide pokok, teknik Close Reading. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model CIRC dan teknik close reading yang berorientasi pada peningkatan keterampilan menemukan ide pokok dalam artikel peserta didik kelas XI IPS MA Nahdlatul Ulama’ Pati tahun pelajaran 2018/2019, (2) meningkatan keterampilan menemukan ide pokok dalam artikel peserta didik kelas XI IPS MA Nahdlatul Ulama’ Pati tahun pelajaran 2018/2019 setelah pelaksanaan pembelajaran dengan model CIRC dan teknik close reading, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik Kelas XI IPS MA Nahdlatul Ulama’. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Sebagai subjek adalah peserta didik kelas XI IPS MA Nahdlatul Ulama’ Pati. Yang menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menemukan ide pokok dalam artikel dan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik close reading. Data yang diperoleh berupa nilai kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel serta perubahan perilaku peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menemukan ide pokok dalam artikel dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan teknik close reading sebesar 24,12%. Skor rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 57,72 dan mengalami peningkatan sebesar 15.48% menjadi 73,20 pada tahap siklus I. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat sebesar 8,64% menjadi 81,84. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel peserta didik XI IPS MA Nahdlatul Ulama’ Pati tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan dan terjadi perubahan tingkah laku peserta didik yang sebelumnya kurang antusias dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, sekarang menjadi antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran setelah diterapkan model CIRC dan tekik close reading.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:52
Last Modified: 19 Apr 2021 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item