TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN DI WILAYAH HUKUM KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI REMBANG)

Nugraheni, Dianita Rahma (2020) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN DI WILAYAH HUKUM KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI REMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Perjudian merupakan salah satu penyakit masyarakat yang marak terjadi di lingkungan sekitar kita. Penyakit ini banyak menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar sehingga keberadaannya perlu adanya penanggulangan dan pemberantasan. Selain meresahkan masyarakat tindakan tersebut juga melanggar undang-undang yang menjadi konstitusi kita. Oleh karenanya sistem peradilan diharapkan dapat menyumbangkan perubahan positif terutama proses penjatuhan putusan oleh hakim. Sanksi yang diberikan diharapkan dapat memberi efek jera dan sarana pencegahan bagi orang lain yang melihat. Penelitian ini dilakukan di Pengadilan Negeri Rembang dengan menggunakan metode yuridis sosiologis yaitu meneliti tentang peranan hakim dalam menjatuhkan sanksi terhadap tindak pidana perjudian. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menjabarkan peran hakim dalam penjatuhan sanksi pidana dan faktor yang melatar belakangi maraknya tindak pidana perjudian. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa hakim yang berperan dalam memutus perkara memiliki dasar pertimbangan yang disebut sebagai dasar yuridis dan non yuridis. Dasar yuridis merupakan data yang diperoleh dari kesuaian dengan peraturan yang ada sedangkan dasar non yuridis merupakan fakta yang terjadi selama di persidangan. Dalam proses menemukan fakta-fakta untuk menjatuhkan putusan terdapat beberapa hambatan yang ditemui oleh hakim yang dikaji dalam penulisan ini. Selain itu penulis juga mengkaji tentang faktor yang menjadi penyebab maraknya tindak pidana perjudian di masyarakat. Faktor yang akan penulis jabarkan yaitu faktor lingkungan, kebudayaan,ekonomi, dan media. Kata kunci: Pemidanaan, Tindak Pidana Perjudian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:46
Last Modified: 19 Apr 2021 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item