WAHYUNINGTYAS, CHANDRAINI (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA BANK RAKYAT INDONESIA UNIT TANJUNG MAS CABANG SEMARANG PATTIMURA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (442kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (327kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (341kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (226kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (366kB) |
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
Abstract
Pengajuan permohonan peminjaman kredit usaha rakyat (KUR), tentu harus mengikuti berbagai prosedur yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan. Selain itu, pemohon harus mengetahui hak dan kewajiban yang akan timbul dari masing-masing pihak yaitu debitur dan kreditur dengan adanya perjanjian Kredit Usaha Rakyat, mengingat segala sesuatu dapat saja menimbulkan suatu permasalahan apabila tidak adaya pengetahuan yang cukup tentang Kredit Usaha Rakyat. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui proses pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Unit Tanjung Mas, dan untuk memperoleh data dan informasi secara lebih jelas dan lengkap mengenai permasalahan apa saja yang timbul dari pemberian Kredit Usaha Rakyat serta tindakan PT Bank Rakyat Indonesia Unit Tangjung Mas. Penelitian ini merupakan penelitian empiris bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pemberian kredit usaha rakyat (KUR) dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap permohonan kredit, tahap peninjauan dan analisis kredit (tahap pemeriksaan), tahap pemberian putusan, serta tahap pencairan kredit/ akad kredit. BRI Tanjung Mas Cabang Semarang Pattimura akan memberikan putusan atas permohonan kredit yang diajukan oleh calon debitur. Setelah itu adalah tahap pencairan atau akad kredit, dalam tahap ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap persiapan pencairan, tahap penandatangan perjanjian pencairan, fiat bayar serta pembayaran pencairan kredit usaha rakyat. Permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat ini pada BRI Tanjung Mas adalah pertama kredit bermasalah. Upaya yang dilakukan pihak BRI Unit Tanjung Mas Cabang Semarang Pattimura dalam mengatasi kredit bermasalah terutama dalam kredit dalam kategori kurang lancar adalah dengan dilakukan penagihan secara terus menerus yang bersifat persuasif dan dalam hal upaya yang dilakukan untuk mengatasi kredit macet adalah pihak BRI Unit Tanjung Mas mengajukan klaim kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) sesuai dengan nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani oleh Pemerintah. Kata Kunci : Pemberian Kredit, Kredit Usaha Rakyat, BRI Unit Tanjung Mas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 02:40 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19215 |
Actions (login required)
View Item |