PRABOWO, DIO ANGGIT (2020) PELAKSANAAN LELANG BARANG JAMINAN GADAI PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG GODONG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (256kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (14kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (166kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (266kB) |
|
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
Abstract
Banyak sekali masyarakat yang tidak mengerti macam produk yang diberikan Pegadaian. Bahkan dalam pelelangan banyak nasabah yang tidak terima dalam hal barang jaminan miliknya di lelang oleh Pegadaian. Dengan latar belakang tersebut, dapat diambil dua rumusan masalah diantaranya 1.Bagaimanakah proses pelaksanaan barang jaminan gadai pada PT.Pegadaian Cabang Godong, 2. Apa kendala dalam pelaksanaan lelang dan bagaimana solusinya Metode penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data Sekunder terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan : 1) proses pelaksanaan lelang dapat dilakukan dengan 3 tahapan. Yaitu memberi pengumuman lelang, persiapan lelang, yang didalam nya terdiri dari pembentukan panitia, serta penaksiran ulang barang jaminan, langkah terakhir yaitu pelaksanaan lelang, didalamnya berisikan tata cara pelaksanaan lelang yaitu dilaksanakan secara terbuka, harga lelang dimulai dari harga limit, dan proses pelelangan dipandu oleh ketua pelaksana, kemudian siapa yang bertahan hingga akhir adalah pemenangnya. 2) kendala ada dua yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal adalah kendala yang timbul dari dalam perusahaan. Misal kurang memadainya tempat lelang, pengumuman lelang tidak tersebar merata serta tidak terjualnya barang jaminan. Sedangkan kendala eksternal adalah kendala yang berasal dari luar perusahaan. Misal, komplain nasabah terhadap barang yang dilelang dan ketidak tahuan nasabah mengenai produk Pegadaian. Penulis memberikan solusi diantaranya penyewaan gedung, pemberian brosur lelang, memberi penyuluhan produk, memanggil pemilik toko emas serta menyiapkan komputer yang memiliki sistem scan barang. Kata Kunci: gadai, jaminan gadai, lelang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 06:36 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19191 |
Actions (login required)
View Item |