PERAN ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM KEPADA PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POSBAKUM PENGADILAN NEGERI REMBANG)

Safitri, Devi Reza (2020) PERAN ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM KEPADA PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POSBAKUM PENGADILAN NEGERI REMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (493kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (328kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Advokat dalam kedudukan sebagai penegak hukum menunjukan eksistensinya dalam turut serta menciptakan atau mewujudkan dan memelihara sistem peradilan yang bersih, berwibawa dan beradab demi terwujudnya wibawa hukum di negeri ini. Maka demikian, advokat dalam mewujudkan cita-cita hukum harus memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah ta’ala yang kuat dan kokoh. Penulisan ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peran advokat dakam memberikan bantuan hukum kepada pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Posbakum Pengadilan Negeri Rembang dan 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan serta solusi yang dihadapi advokat dalam memberikan bantuan hukum kepada pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Posbakum Pengadilan Negeri Rembang. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Yuridis sosiologis yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami dilapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Penelitian hukum yuridis sosiologis terutama meneliti data primer di samping juga mengumpulkan data yang bersumber dari data sekunder. Sehingga pada dalam penelitian ini lebih cocok menggunakan yuridis sosiologis, karena dalam rumusan masalah data yang di dapat lebih akurat. Hasil penelitian yang penulisan lakukan adalah: 1) Peran advokat dalam memberikan bantuan hukum kepada pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Posbakum Pengadilan Negeri Rembang, advokat berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan hukum kepada orang miskin dan buta huruf. Secara ideal dapat dijelaskan bahwa bantuan hukum merupakan tanggung jawab sosial dari advokat. 2) Hambatan-hambatan serta solusi yang dihadapi advokat dalam memberikan bantuan hukum kepada pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Posbakum Pengadilan Negeri Rembang, pada prakteknya Hakim merasakan adanya kendala apabila penasihat hukum cuma-cuma (prodeo) tidak dapat menghadiri persidangan pada perkara tersebut. Di sisi lain, menanggapi kendala yang dihadapi oleh Hakim dengan tidak hadirnya Penasihat Hukum maka Hakim harus berani mengambil keputusan untuk meneruskan atau tidaknya proses persidangan pada hari itu. Kata Kunci: Advokat, Bantuan Hukum, Tindak Pidana Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 31 Mar 2021 07:11
Last Modified: 31 Mar 2021 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item