PENGAJUAN ALAT BUKTI BERUPA SAKSI DALAM ACARA PEMBUKTIAN ATAS PERKARA PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP KORBAN ANAK (Studi Kasus Pengadilan Negeri Brebes)

Sofiyullah, Akhmad (2020) PENGAJUAN ALAT BUKTI BERUPA SAKSI DALAM ACARA PEMBUKTIAN ATAS PERKARA PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP KORBAN ANAK (Studi Kasus Pengadilan Negeri Brebes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (373kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (60kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kekuatan pembuktian keterangan saksi atas perkara pelecehan seksual terhadap korban anak dalam Putusan Nomor 27/Pid.Sus/2016/PN Bbs dan apakah faktor penghambat terhadap saksi dalam pemeriksaan di persidangan dalam pembuktian atas perkara pelecehan seksual terhadap korban anak. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan pembuktian keterangan saksi atas perkara pelecehan seksual terhadap korban anak dan faktor penghambat terhadap saksi atas perkara pelecehan seksual terhadap korban anak. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan sumber data berupa data primer yaitu norma atau kaidah dasar, peraturan perundang-undangan serta bahan data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari buku-buku sebagai data pelengkap sumber data primer. Bahan data tersier yaitu bahan hukum yang memberikan petunjuk dan penjelasan terhadap bahan hukum primer dan sekunder. Data disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara sistematis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah kekuatan pembuktian keterangan saksi atas perkara pelecehan seksual terhadap anak dalam Putusan Nomor 27/Pid.Sus/2016/PN Bbs. Keterangan saksi terhadap korban anak dalam Putusan Nomor 27/Pid.Sus/2016/PN Bbs mempunyai kekuatan pembuktian atau mempunya nilai pembuktian sebagaimana saksi korban melihat sendiri, mendengar sendiri dan mengalaminya sendiri serta keterangannya diberikan didepan persidangan dan juga keterangannya bersesuaian dengan keterangan saksi lainnya. Saksi tersebut juga disumpah atau dijanji. Faktor penghambat terhadap saksi atas perkara pelecehan seksual terhadap korban anak, bahwasannya hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pemeriksaan dipengadilan yakni rasa takut korban menceritakan kesaksiannya, saksi yang merupakan korban takut adanya ancaman, saksi adalah korban malu menceritakan kejadian yang menimpanya serta hambatan saksi yang adalah korban takut aibnya diketahui oleh orang banyak. Kata Kunci : pembuktian, saksi terhadap korban anak, pelecehan seksual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:55
Last Modified: 16 Apr 2021 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item