PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN SEBAGAI MATA PENCAHARIAN (Studi Kasus Putusan No. 29/Pid.B/2019/PN. Kendal)

LESI, AGNI SUKMA (2020) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN SEBAGAI MATA PENCAHARIAN (Studi Kasus Putusan No. 29/Pid.B/2019/PN. Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (287kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (89kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penegakan hukum pidana materiil terhadap tindak pidana perjudian sebagai mata pencaharian di Kabupaten Kendal putusan No.29/pid.B/2019/PN.Kdl dan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam penegakan hukum pidana terhadap pelaku tindak pidana perjudian sebagai mata pencaharian di Kabupaten Kendal putusan No.29/pid.B/2019/PN.Kdl. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang mencari menganalisa dan membuat kesimpulan yang berdasarkan fenomena empirik yang ada di lingkungan masyarakat. Adapun sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dengan wawancara langsung ke lapangan dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tahap, yaitu: kualitati dan deduktif dalam mengambil kesimpulan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:Dalam penegakan hukum pidana materiil melalui proses penyelidikan , penyidikan, penuntutan, pemeriksaan perkara dipengadilan hingga putusan.Dengan pertimbangan bahwa hakim melihat dari fakta-fakta persidangan yang meliputi keterangan saksi, adanya barang bukti, adanya petunjuk serta keterangan terdakwa di persidangan. Dan juga dengan keyakinan hakim yang berdasarkan dengan minimal 2 (dua) alat bukti yaitu 2 keterangan saksi dan barang bukti.Serta di dasarkan pada pertimbangan hakim yang memberikan putusan menggunakan dakwaan Primair yaitu Pasal 303 Ayat (1) ke-1 KUHP yang sudah sesuai dengan perbuatan para pelaku yang memenuhi unsur tindak Pidana Perjudian itu sendiri, yaitu Unsur barang siapa, tanpa ijin dengan sengaja menawarkan atau memberikan kesempatan untuk permainan judi dan menjadikannya sebagai mata pencaharian atau dengan sengaja turut serta dalam suatu perusahaan untuk itu. Kata kunci: Tindak Pidana, Perjudian, Penegakan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:54
Last Modified: 16 Apr 2021 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item