Analisis Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan PidanaTerhadap Anak Yang melakukan Tindak Pidana Lalu Lintas (Studi Putusan Nomor 4/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Bbs)

Syaputra, Afrian Maulana (2020) Analisis Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan PidanaTerhadap Anak Yang melakukan Tindak Pidana Lalu Lintas (Studi Putusan Nomor 4/Pid.Sus-Anak/2019/PN.Bbs). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (281kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (76kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Anak sebagai pelaku tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan celakanya atau hilangnya nyawa orang lain diharapkan agar mampu untuk mempertanggungjawabkan kelalaian atas perbauatannya tersebut. Namun dikarenakan yang menjadi pelaku tindak pidana ini merupakan Anak, maka dibutuhkan banyak pertimbangan di dalam penyelesaian perkara pidananya. Yang dimana dalam penanganan tindak pidana dengan pelaku Anak tidak dapat disamakan dengan penanganan tindak pidana dengan pelaku Dewasa. Sehingga di dalam penanganan perkara tindak pidana dengan pelaku Anak harus ditangani dengan benar dan tetap memperhatikan kepentingan terbaik bagi Anak. Bahwa dalam ketentuan pidana bagi Anak sebagai pelaku tindak pidana dapat dilihat dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dengan mengupayakan tindakan Keadilan Restoratif ataupun Diversi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana ketentuan pidana bagi Anak pelaku tindak pidana lalu lintas serta pertimbangan hakim dalam memutus pidana terhadap Anak yang jadi pelaku tindak pidanalalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari bahan pustaka. Kemudian data yang dikumpulkan dan kembali diolah sehingga menjadi uraian yang luas dan dapat ditarik kesemupulannya. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dimana dalam perkara ini Anak di dakwa melanggar Pasal 310 ayat (4) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan. Kemudian Hakim yang telah memeriksa segala fakta-fakta di dalam persidangan, Hakim menjatuhkan pidana kepada Anak tersebut dengan pidana penjara selama 3 (tiga) bulan dan pelatihan kerja selama 3 (tiga) bulan serta membebankan kepada Anak untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp 2.000,- (dua ribu rupiah). Kata Kunci : Anak sebagai Pelaku, Kecelakaan Lalu Lintas, Pemidanaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:53
Last Modified: 16 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19091

Actions (login required)

View Item View Item