ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

Haniatusaadah, Siti (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aljabar yang ditinjau dari gaya belajar kolb siswa kelas VIIb MTs Assyafi’iyyah Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data siswa, metode tes tertulis bertujuan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu : (1) menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika, (2) merepresentasikan benda nyata kedalam gambar, (3) menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika, (4) menggungkapkan kembali suatu uraian matematika kedalam bahasanya sendiri, (5) merepresentasikan benda nyata kedalam bentuk matematika. Metode angket untuk mengetahui gaya belajar siswa, dan metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama prosespembelajaran. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar kolb yakni komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar diverger sudah bisa memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar assimilator sudah mampu memenuhi 2 indikator yaitu pada indikator kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika dan kemampuan merepresentasikan benda nyata kedalam gambar matematika. Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar konverger adalah belum sepenuhnya bisa memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang telah ditentukan. Subjek hanya mampu mengerjakan pada indikator menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam bentuk model matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar akomodator subjek hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu pada indikator kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari kedalam model matematika dan kemampuan merepresentasikan benda nyata kedalam gambar matematika. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Aljabar, Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:10
Last Modified: 15 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item