Amalia, Indah (2020) LINTASAN PERTANYAAN SISWA DALAM MEMECAHKAN PROBLEM WITH CONTRADICTORY INFORMATION (PWCI) PADA MATERI PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (443kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (602kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
Abstract
Lintasan pertanyaan siswa adalah jalur pertanyaan siswa yang dilalui untuk menemukan pemecahan masalah pada soal. Siswa dalam memecahkan pengembangan soal PWCI pada materi perbandingan menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga siswa menimbulkan pertanyaan-pertanyaan saat memecahkan pengembangan soal PWCI pada materi perbandingan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan lintasan pertanyaan siswa dalam memecahkan PWCI pada materi perbandingan. Analisis lintasan pertanyaan siswa ditinjau dari pemecahan masalah menurut Krulik & Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengekplorasi dan merencanakan, memilih strategi, mencari jawaban dan merefleksikan dan mengembangkan. Pertanyaan siswa ditinjau melalui indikator bertanya menurut strachan yaitu enable action, thinking critically, addressing issues dan closing a session. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dipilih dari siswa MTs di kelas VII semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 siswa. Berdasarkan hasil tes, dieperoleh 2 siswa yang memenuhi kriteria subjek penelitian yaitu siswa yang dapat memecahkan soal PWCI pada materi perbandingan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa adanya lintasan pertanyaan setiap subjek dalam memecahkan masalah PWCI pada materi perbandingan berbeda. Subjek SP-1 menunjukkan adanya lintasan pertanyaan yang terdiri dari 7 pertanyaan sedangkan subjek SP-2 juga menunjukkan adanya lintasan pertanyaan yang terdiri dari 6 pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan oleh kedua subjek ada yang mirip dan beda. Pertanyaan yang mirip seperti pada tahap mencari jawaban dan tahap merefleksikan dan mengembangkan. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa lintasan pertanyaan siswa yang baik adalah lintasan pertanyaan yang mengandung pertanyaan-pertanyaan yang tertuju untuk memecahakan masalah. Adapun hambatan yang dialami selama penelitian adalah penelitian tidak dapat dilakukan di sebuah instansi dikarenakan penelitian ini dilaksanakan selama pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk penelitian di sebuah instansi dan saat melakukan wawancara kepada subjek tidak bisa intens karena harus menjaga jarak. Maka dari itu, diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian di sebuah instansi agar mendapatkan data yang lebih banyak dan akurat. Kata Kunci : Lintasan Pertanyaan Siswa, Pemecahan Masalah, Perbandingan, Problem With Contradictory Information
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:53 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18981 |
Actions (login required)
View Item |