PENGARUH VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA POKOK BAHSAN PLSV DAN PTLSV

Humairoh, Durrotul (2020) PENGARUH VIDEOSCRIBE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA POKOK BAHSAN PLSV DAN PTLSV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari matematika. Penalaran adalah salah satu krusial kompetensi matematika sebagai fitur pendukung dalam proses pembelajaran di kelas. Penalaran biasanya kita temui dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu kemampuan penalaran harus kita optimalkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh videoscribe terhadap kemampuan penlaran peserta didik kelas VII pada pokok bahsan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi peserta didik kelas VII SMP Islam Sultan Agung 4. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan videoscribe. Variabel terikatnya adalah minat peserta didik dan kemampuan penalaran peserta didik pada pokok bahan materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Berdasarkan simple random sampling diperoleh kelas VII A5 sebagai kelas uji coba. Data diperoleh melalui (1) angket, (2) tes kemampuan penalaran (3) dokumentasi. Untuk mengetahui besar minat digunakan uji N-gain, untuk uji ketutasan (KKM) hasil belajar digunakan uji spss one sample t test dan untuk mengetahui pengaruh minat terhadap kemampuan penalaran digunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil regresi linier sederhana kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh positif antara minat terhadap kemampuan penlaran ditunjukkan dengan persamaan regresinya Y’= 56,644 + 0,244X, sehingga terdapat pengaruh minat pada pembelajaran model Numbered Head Together berbantuan videoscribe sebesar 13 %. (2) Hasil paired samples tes nilai sig. 0,00 < 0,05. Maka ha diterima, Adanya peningkatan minat belajar peserta didik (3) hasil one sampl t test diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 8,443 > 2,093 dan nilai sig 0,00 < 0,05. Kesimpulan ho ditolak dan ha diterima. Rata-rata kemampuan penalaran peserta didik mencapai KKM. Kata Kunci : Proses Kognitif, Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:54
Last Modified: 15 Apr 2021 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18968

Actions (login required)

View Item View Item