ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM

Cahyanti Rukmana, Dania (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)

Abstract

Pendidikan adalah proses penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekitarnya agar dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan juga mampu meningkatkan potensi siswa agar lebih aktif dan tanggap terdapat perubahan zaman supaya mampu meningkatkan kualitas Negara, karena kualitas hidup warga Negara ditentukan oleh kualitas pendidikan yang baik. Pembelajaran dengan PjBL-STEM memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa pada Project Based Learning dengan pendekatan STEM siswa MTs. Mada Nusantara Jepara pada materi segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah campuran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII Brunei Darussalam pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ditentukan dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kisi-kisi tes kemampuan berpikir kreatif, soal tes kemampuan berpikir kreatif, kunci jawaban tes kemampuan berpikir kreatif, rubric penilaian tes kemampuan berpikir kreatif, kisi-kisi wawancara, dan pedoman wawancara. Instrument tes kemampuan berpikir kreatif digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa dikelompokan menjadi 3 kategori yang meliputi rendah, sedang, dan tinggi. Subjek diambil dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebanyak minimal 6 subjek yang meliputi 2 subjek dari masing-masing kategori. Instrumen pedoman wawancara digunakan untuk memeperoleh data agar data yang diperoleh lebih jelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah belum memenuhi indikator fluency, flexibility, dan novelty (2) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif sedang mampu menyelesaikan soal berindikator fluency dan beberapa siswa mampu menyelesaikan soal berindikator flexibility namun hanya menggunakan satu cara, (3) siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi mampu menunjukkan indikator fluency dan flexibility dengan banyak jawaban dan bernilai benar atau mampu menunjukkan indikator fluency, flexsibility dan novelty, dengan jawaban yang benar dan beragam namun pada indikator flexibility siswa hanya mampu menjawab dengan satu cara. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning, STEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:53
Last Modified: 15 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18967

Actions (login required)

View Item View Item