Widiastuti, Ari (2020) ANALISIS PENDEKATAN STEM BERBASIS E-LEARNING TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (986kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
Abstract
Pendekatan STEM berbasis e-learningmerupakan strategi pembelajaran yang mencakup sains, technology, engineering dan matemathicsmenjadi satu kesatuan dan pelaksanaannya menggunakan pembelajaran elektronik.Melalui pembelajaran STEM siswa tidak hanya belajar berhitung namun dapat mengaktualisasikan diri dalam kehidupan sehari-hari sehingga mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan STEM berbasis e-learning terhadap tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi garis dan sudut. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 1 Pucakwangi yang terdiri dari 28 siswa. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, angket dan wawancara. Tes tertulis dan wawancara digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran pendekatan STEM berbasis e-learning, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pendekatan STEM. Hasil penelitian menyatakan bahwa pendekatan STEM berbasis e-learningialah strategi pembelajaran yang mampu mengubah teacher centeredlearning menjadi student centeredleraning. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, interaktif sehingga berjalan efektif. Pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara optimal. Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dikelompokkan menjadi 3 yaitu tinggi, sedang dan rendah berdasarkan proses dan nilai tes tertulis. Dari 28 siswa hasil pre-test menunjukkan 1 siswa (3,6%) berkategori tinggi, 7 siswa (25%) sedang, dan 20 siswa (71,4%) rendah. Sedangkan hasil post-test menujukkan bahwa 7 siswa (25%) berkategori tinggi, 19 siswa (67,9%) sedang, dan 2 siswa (7,1%) termasuk kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari kategori rendah meningkat pada kategori sedang dan tinggi. Kata Kunci : Pendekatan STEM, E-learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 02:47 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18954 |
Actions (login required)
View Item |