Rahmayanti, Ainia (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FUNGSI KOMPOSISI BERBANTUAN VIDEOSCRIBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (522kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar berbentuk video pembelajaran pada materi fungsi komposisi berbantuan videoscribe, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar berbentuk video pembelajaran pada materi fungsi komposisi ditinjau dari presentase kevalidan bahan ajar oleh validator dan guru matematika, serta respon dan hasil tes siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan dengan desain model pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip (2001). Dengan langkah-langkah pengembangan diantaranya: (1) perencanaan : mengidentifikasi ruang lingkup, mengumpulkan sumber-sumber, dan menghasilkan gagasan; (2) desain : mengembangkan isi gagasan utama, membuat storyboard, dan mempersiapkan script; dan (3) pengembangan : memproduksi video dan audio, menyiapkan materi pendukung, melakukan uji alpha, dan melakukan uji beta. Subjek penelitian yang digunakan adalah beberapa siswa dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berbentuk video pembelajaran pada materi fungsi komposisi berbantuan videoscribe ; (2) bahan ajar fungsi komposisi mendapatkan penilaian kelayakan berdasarkan dosen ahli dan guru matematika diperoleh hasil “Sangat Valid” dengan presentase rerata penilailan 82,4% dari aspek materi, diperoleh hasil “Sangat Valid” dengan presentase rerata penilaian 87,2% dari aspek media, berdasarkan penilaian oleh siswa didapat respon siswa yang “Positif” dengan presentase rerata penilaian 70%, dan hasil tes siswa dalam kelompok kecil mendapatkan rerata perolehan skor 69,6 yang masuk dalam kategori “Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar fungsi komposisi berbantuan videoscribe dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa layak digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa di SMA/MA. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Video Pembelajaran, VideoScribe, Fungsi Komposisi, Kemampuan Penalaaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 02:44 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 02:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18951 |
Actions (login required)
View Item |