ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2017 TERBITAN KEMENDIKBUD RI

Sukandar, Adila (2020) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2017 TERBITAN KEMENDIKBUD RI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penerapan pendidikan karakter mempengaruhi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter saat ini merupakan keperluan yang sangat mendesak, dikarenakan kurangnya penerapan pendidikan karakter di dalam pembelajaran. Khususnya pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu dicari solusinya.Penelitian ini menggunakan buku teks matematika SMA kelas X kurikulum 2013 revisi 2017. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis persentase muatan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku teks matematika peserta didik kelas X kurikulum 2013 revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analisis isi dan dokumen. Dokumen yang dianalisis berupa ringkasan materi, butir contoh soal, dan butir latihan soal untuk mengetahui seberapa besar persentase dari muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku teks matematika SMA kelas X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks ini hanya menerapkan sembilan nilai karakter yaitu nilai jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Dengan persentasi tertinggi 25% yaitu nilai rasa ingin tahu dan persentase terendah 1% yaitu nilai tanggungjawab. Artinya buku teks matematika SMA kelas X kurikulum 2013 revisi 2017 belum maksimal dalam menerapkan pendidikan karakter. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Buku Teks, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:43
Last Modified: 15 Apr 2021 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item