MODIFIKASI ASPAL MINYAK DENGAN BATUAN ALAM ASPAL BUTON

Muttakin, Ahmad (2020) MODIFIKASI ASPAL MINYAK DENGAN BATUAN ALAM ASPAL BUTON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja perkerasan jalan aspal terutama perkerasan lentur dipengaruhi oleh sifat-sifat aspal, karena aspal adalah bahan yang dapat terdeformasi. Pada suhu tinggi (lebih dari 600C), aspal menunjukkan sifat viskoelastik. Pada suhu tinggi, terjadi deformasi permanen atau alur roda dan mengarah ke arah lateral. Hal ini disebabkan oleh aliran kental dari matriks aspal dalam campuran pengerasan jalan, yang menahan regangan yang diinduksi oleh lalu lintas. Di sisi lain, aspal akan rapuh pada suhu rendah dan akan terjadi retakan pada perkerasan. Oleh karena itu, kinerja perkerasan sangat terkait dengan sifat reologi aspal, yang dapat ditingkatkan dengan modifikasi aspal minyak.Tujuan dalam Tugas Akhir ini untuk mengetahui kelayakan penggunaan Batuan Alam Aspal Buton sebagai bahan modifikasi aspal minyak. Untuk mencapai tujuan tersebut, ASBUTON ditumbuk halus sehingga lolos dari saringan no 200. Pencampuran antara ASBUTON dengan aspal diawali dengan menentukan variabel pencampuran atau menentukan suhu, waktu dan kecepatan pencampuran. Selanjutnya ASBUTON halus dengan kadar 10%, 15%, 20% dan 25 % dicampurkan ke dalam aspal. Akan didapatkan empat campuran Aspal-ASBUTON, terhadap keempat campuran Aspal-ASBUTON kemudian dilakukan uji penetrasi, titik lembek dan berat jenis. Dari uji penetrasi dan titik lembek ditentukan nilai Penetrasi Indeks (PI). Keempat campuran Aspal-ASBUTON dan aspal murni dipergunakan sebagai bahan pengikat aspal beton bergradasi padat ( Dense Graded Asphalt Concrete). Terhadap lima campuran aspal beton yaitu aspal beton dengan pengikat aspal murni, aspal ditambah 10% ASBUTON, aspal ditambah 15% ASBUTON, aspal ditambah 20% ASBUTON dan aspal ditambah 25% ASBUTON dilakukan uji Marshall. Dari hasil uji Marshall terhadap campuran aspal beton didapatkan kekakuan campuran 169,65 kg/mm untuk aspal beton dengan pengikat aspal murni, 194,22 kg/mm untuk aspal beton dengan pengikat aspal ditambah 10% ASBUTON, 199,08 kg/mm untuk aspal beton dengan pengikat aspal ditambah 15% ASBUTON, 225,44 kg/mm untuk aspal beton dengan pengikat aspal ditambah 20% ASBUTON dan 230,96 kg/mm untuk aspal beton dengan pengikat aspal ditambah 25% ASBUTON. Dari hasil tersebut terbukti bahwa ASBUTON layak digunakan sebagai bahan modifikasi aspal minyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:36
Last Modified: 14 Apr 2021 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item