Ratna Safitri, Dewi (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH FUNGSI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (412kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (216kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
Abstract
Penalaran merupakan kemampuan matematis yang penting dimiliki siswa. Salah satu metode bernalar adalah analogi, yakni menganalogikan sesuatu dalam menyelesaikan masalah yang mempunyai struktur yang serupa dengan menggunakan pengetahuan yang telah diketahui sebelumnya.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi siswa SMP dalam memecahkan masalah fungsi ditinjau dari tingkat kemampuan matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data ini meliputi tes tertulis penalaran analogi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengambil 6 siswa untuk digunakan subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi, 2 sedang, dan 2 rendah. Hasil Penelitian; (1) kelompok siswa dengan kemampuan analogi tinggi yaitu dapat memenuhi semua indikator penalaran analogi dengan baik yakni structuring, mapping, applying, dan verifying, (2) kelompok siswa dengan kemampuan analogi sedang dapat memenuhi indikator structuring dan mapping dengan baik, namun pada tahap applying dan verifying cukup melakukannya, (3) kelompok siswa dengan kemampuan analogi rendah hanya cukup memenuhi indicator structuring, sedangkan pada tahap mapping, applying, dan verifying siswa dengan kemampuan ini tidak mampu melakukannya. Kata Kunci: Penalaran Analogi, Memecahkan Masalah, Fungsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 02:26 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 02:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18903 |
Actions (login required)
View Item |