PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI PANCASILA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS II SD

Puji Kesuma, Nofita (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATERI PANCASILA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi pancasila serta mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga guru membutuhkan media pembelajaran agar siswa tertarik dalam belajar, Maka dari itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran Pop-Up Book dengan berbasiskan kearifan lokal sebagai penambahan agar siswa dapat memahami budaya yang ada. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap Analisis dilakukannya wawancara dan analisis materi serta kebutuhan siswa, Kemudian pada tahap design yaitu pemilihan format dan gambar produk. Tahap Development dilakukan dengan uji validasi kepada validator ahli. Selanjutnya tahap Implementation di ujikan kepada siswa dan tahap Evaluation di lakukan dengan Pretest dan Posttest untuk mengetahui keefektifan siswa. Berdasarkan kelima tahapan tersebut Pengembangan media Pembelajaran Pop-Up Book menghasilkan kelayakan media pembelajaran dengan skor 0,90 yang didapatkan oleh empat validator, Kemudian pada kepraktisan media pembelajaran Pop-Up Book mendapatkan nilai 90,8% serta keefektifan menggunakan Uji t di peroleh sig sebesar 0.000 dengan kriteria 0.000 < 0,05 sehingga H0 di tolak Artinya dianggap berbeda dan lebih efektif.. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Pop-Up Book dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:07
Last Modified: 12 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item