Mushthofiyah, Mushthofiyah (2020) IMPLEMENTASI INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SDN DEPOK 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (919kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari adanya kebiasaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan instrumen penilaian klasik di Sekolah Dasar Negeri Depok 01 Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Penelitian fokus melaksanakan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok serta mencari hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash di SDN Depok 01. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan implementasi dan memberi pengetahuan hasil implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01. Desain penelitian merupakan deskriptif kualitatf yaitu penelitian menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok menggunakan instrumen penilaian berbasis macromedia flash yang dilakukan oleh sumber data primer yaitu guru dan siswa kelas V, wawancara dengan sumber data, lalu didokumentasikan dalam bentuk gambar/foto dan catatan lapangan. Keabsahan data penelitian menggunakan uji credibility (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji dependability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pemebelajaran volume kubus dan balok di kelas V SDN Depok 01 berjalan sangat baik. Dalam mengimplementasikan instrumen penilaian berbasis macromedia flash pembelajaran volume kubus dan balok di SDN Depok 01 berakibat kurang baik dalam memenuhi syarat alat evaluasi yang baik. Beragam pendapat dari guru kelas V SDN Depok 01 sesuai dengan teori mengenai pelaksanaan implementasi instrumen penilaian berbasis macromedia flash dalam evaluasi pembelajaran volume kubus dan balok. Hasil implementasi dapat diketahui berdasarkan aspek dari guru, siswa, dan sekolah sesuai situasi sosial penelitian. Kata Kunci : Instrumen Penilaian berbasis macromedia flash, Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:51 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:51 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18871 |
Actions (login required)
View Item |