PENGEMBANGAN MEDIA KABAR LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PPKn TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SDN 3 JEPANG

Maryuna, Maryuna (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KABAR LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PPKn TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SDN 3 JEPANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media kabar lokal pada tema Indahnya Kebersamaan. Pengembangan media kabar lokal disusun dengan menggunakan desain microsoft word, dalam penyusunannya terlebih dahulu menyusun kerangka dalam bentuk amplop medianya kemudian menyusun gambar disertai dengan pertanyaan yang terdapat dalam media kabar lokal. Kelayakan media kabar lokal diuji oleh validator ahli, uji kelayakan yang dilakukan oleh validator pertama dari 23 aspek yang di validasi secara keseluruhan memperoleh jumlah skor sebesar 89 dengan presentase sebesar 96.7%. Sementara itu, uji kelayakan yang dilakukan oleh validator kedua dari 23 aspek yang di validasi secara keseluruhan memperoleh jumlah skor sebesar 84 dengan presentase sebesar 91.3%. Dengan presentase tersebut maka kriteria yang didapatkan adalah media kabar lokal sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan media kabar lokal diuji dengan menggunakan angket guru dan peserta didik. Angket respon guru didapatkan jumlah skor sebesar 47 dengan persentase sebesar 97.1% dan memiliki kriteria sangat praktis dalam uji kepraktisan. Sementara itu, perolehan skor pada angket respon peserta didik diperoleh jumlah skor keseluruhan sebesar 35 dengan persentase 87.5% dan memiliki kriteria sangat praktis dalam uji kepraktisan. Keefektifan media kabar lokal diuji dengan menggunakan soal tes muatan PPKn yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Dari 10 siswa yang mengikuti pembelajaran terdapat 9 peserta didik yang nilainya diatas 70 sedangkan satu peserta didik lainnya memiliki nilai dibawah KKM. Artinya terdapat 90% peserta didik yang nilainya mencapai KKM, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media kabar lokal efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Kabar Lokal, Muatan PPKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:56
Last Modified: 09 Apr 2021 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item