PENGARUH PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Ayu Pratiwi, Diah (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (654kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dengan guru menerapkan model dan metode pembelajaran yang bersifat konvensional dan tidak ada variasi, siswa yang sulit dalam memahami konsep, dan kemampuan berpikir kritis yang jarang diterapkan dalam pembelajaran.Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh pembelajaran konsep terhadap kemampuan berpikir kritis dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam kemampuan berpikir kritis.Desain penelitian merupakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian penelitian menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka ( library research) simak dan catat, menggunakan jenis data primer yaitu jurnal yang diteliti merupakan sumber informasi utama. Keabsahan data peneliti menggunakan uji Credibilityatau disebut juga dengan uji kepercayaan terhadap hasil data,Dependabilitypengujian ini dilakukan dengan cara melakukan audit terhadap seluruh proses penelitian, Confirmability, artinya adalah penelitian bisa dikatakan obyektif apabila hasil penelitian telah disepakati oleh banyak orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konsep dan kemampuan berpikir kritis sangat berpengaruh terhadap kelangsungan pembelajaran yang dilakukan siswa dan dapat menjadikan sebuah ilmu pengetahuan baik apabila guru sebagai evaluator dapat menggunakan cara, metode, strategi berdasarkan situasi dan keadaan dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Kata Kunci: Pembelajaran Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:43
Last Modified: 09 Apr 2021 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18818

Actions (login required)

View Item View Item