Dwifajriati, Retno (2014) THE EFFECTIVENESS OF USING MOODLE AS A MEDIUM TO TEACH GERUND AND INFINITIVE (A Quasi Experimental Research at Graduate Students Taking English Tutorial Program in UNISSULA in the Academic Year of 2013/2014). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini tentang efektifitas Moodle sebagai media untuk mengajar gerund dan infinitive pada mahasiswa magister yang mengikuti program tutorial bahasa Inggris di UNISSULA pada tahun akademik 2013/2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah media yang monoton yang sering digunakan membuat bosan dan hasil yang tidak maksimal, sedangkan teknologi berkembang dengan sangat pesat yang memungkinkan memberikan fasilitas pada proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan berikut 1� �� � �� 3���1� � � �� �-���� � gai media untuk mengajar gerund dan infinitive? Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa magister pada program tutorial bahasa Inggris di UNISSULA sejumlah 134 mahasiswa. Dari populasi tersebut diambil 20 mahasiswa sebagai kelompok eksperimental dan 20 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental yang dilaksanakan pada dua kelompok; kelompok eksperimental yang diajar menggunakan Moodle dan kelompok kontrol yang diajar tanpa menggunakan Moodle. Metode pungumpulan data yang digunakan adalah tes. Ada dua jenis test; tes awal dan pos tes, keduanya menggunakan soal tertulis dalam format pilihan ganda. Semua data kemudian dianalisa menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre tes dari kelompok eksperimental adalah 31,50 dan kelompok kontrol adalah 32,00. Sedangkan ratarata hasil pos test dari kelompok eksperimental adalah 54,75 dan kelompok kontrol adalah 45,25. Hasil dari t-tes adalah 1,731, dimana t-tabel 1,686 dengan a = 5%. Skor dari t-tes lebih tinggi dibandingkan dengan t-tabel (1,731 > 1,686). Hal tersebut menyatakan bahwa H 1 diterima dan H ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Moodle efektif sebagai media untuk mengajar gerund dan infinitive. Berdasarkan temuan di penelitian ini disarankan agar Moodle dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media untuk mengajar gerund dan infinitive. 0 Kata kunci: Moodle, Gerund dan Infinitive, dan Program Tutorial Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Dec 2015 03:52 |
Last Modified: | 23 Dec 2015 03:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |