ASARI, ABDUL FATAH (2020) ANALISIS KELAYAKAN JALAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE ELEMEN HINGGA (SAP 2000) JALAN SURAKARTA- GEMOLONG-GEYER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (63kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (825kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (138kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
Abstract
Jalan Surakarta-Gemolong-Geyer merupakan jalan provinsi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Jalan ini sering mengalami kerusakan struktural jalan cukup parah sehingga sering menghambat pendistribusian barang dan jasa. Perbaikan jalur tersebut akan menggunakan perkerasan kaku (Rigid pavement) dengan tulangan menerus. Perkerasan kaku (Rigid pavement) mempunyai beberapa keuntungan antara lain, cocok untuk lalu lintas berat, lebih tahan terhadap cuaca panas, tidak terjadi deformasi dan tahan terhadap pengaruh air. Analisis struktur perkerasan kaku dilakukan terhadap parameter lendutan, tegangan, dan gaya-gaya dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Lendutan, Momen dan kebutuhan tulangan pada perkerasan kaku dari nilai CBR, tebal plat dan pembebanan. lendutan maksimum digunakan untuk mengetahui lendutan yang terjadi. Sedangkan Momen yang bekerja untuk menganalisa jumlah kebutuhan tulangan yang optimum yang diperlukan dalam perkerasan kaku. SAP- 2000 merupakan solusi berbasis komputer terhadap metode analisa struktur dengan menggunakan metode elemen hingga (MEH). salah satu alternatif dalam menganalisis besarnya lendutan, momen dan kebutuhan tulangan akibat pembebanan. Penelitian ini menggunakan pelat dengan ketebalan 15,20, 25, 30 dan 35 cm dengan pembebanan 8,10 dan 12 ton serta dengan mutu beton K350 pada CBR 5%-15% menggunakan pembebanan tengah dan tepi. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai lendutan maksimum terbesar pada semua variasi pada beban tengah dan tepi secara berurutan sebesar 1,0378 mm dan 2,1575 mm. Nilai lendutan tersebut kurang dari 2,5 cm sehingga semua tebal memenuhi syarat dalam perkerasan kaku. Besarnya nilai momen berbanding lurus terhadap beban, tebal dan mutu beton , namun berbanding terbalik dengan CBR. Besarnya kebutuhan tulangan berbanding lurus terhadap beban dan mutu beton , namun berbanding terbalik dengan CBR dan tebal. Kata Kunci: Jalan, Perkerasan Kaku, Lendutan, Momen, Tulangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 02:14 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 02:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18741 |
Actions (login required)
View Item |