SETIYAWATI, NUR (2020) AN ANALYSIS OF ENGLISH SUMMATIVE TEST ITEM QUALITY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SEMARANG IN THE ACADEMIC YEAR 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (142kB) |
|
Text
COVER_1.pdf Download (240kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas butir soal tes sumatif bahasa Inggris siswa SMA di Semarang tahun pelajaran 2018/2019, apakah berkualitas baik atau buruk. Penelitian kualitatif dan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini. Jumlah subjek penelitian ini adalah 108 siswa yang diambil dari tiga kelas yaitu 11 IPA 2, 11 IPA 5, 11 IPA 9. Validitas isi dilakukan dengan meminta guru bahasa Inggris dan pembimbing menjadi penilai ahli untuk memvalidasi instrumen dengan menggunakan rubrik instrumen cek list. Untuk mengukur reliabilitas tes antar penilai, dilakukan dengan memberikan skor kepada siswa. Penelitian ini menggunakan ITEMAN dalam menganalisis data kuantitatif. Yaitu aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan aspek keefektifan pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek validitas adalah tinggi yaitu 28 item (70%) valid dan 12 item (30%) tidak valid. Aspek reliabilitas memiliki reliabilitas yang tinggi, menunjukkan 0,713). Tingkat kesulitan yaitu terlalu mudah, dengan 2 item (5%) merupakan soal yang terlalu sulit. 6 item (15%) pertanyaan sulit, 9 item (23%) pertanyaan sedang, 10 item (26%) pertanyaan mudah, dan 12 item (31%) terlalu mudah. Aspek daya pembeda yaitu sedang, dengan 7 butir (18%) daya pembeda baik, 16 butir (41%) daya pembeda sedang, 7 butir (18%) daya pembeda cukup, dan 9 butir (23%) lemah. Aspek efektifitas distraktor adalah cukup distraktor dengan 5 item (13%) memiliki distraktor sangat baik, 6 item (15%) memiliki distraktor baik, 15 item (39%) memiliki distraktor cukup, 4 item (10%) memiliki distraktor kurang baik, dan 9 item (23%) memiliki distraktor yang sangat buruk. Data kualitatif dengan menggunakan checklist menunjukkan bahwa analisis soal tes sumatif bahasa Inggris untuk SMA Negeri Semarang tahun ajaran 2018/2019 memiliki kualitas baik. Dengan 49 poin (87,5%). Oleh karena itu, hipotesis nol dari penelitian ini ditolak. Artinya, soal tes sumatif bahasa Inggris SMA di Semarang tahun ajaran 2018/2019 sudah berkualitas baik. Kata kunci: Tes sumatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 03:01 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18705 |
Actions (login required)
View Item |