REKONSTRUKSI PELAKSANAAN PENGAWASAN DAN PEMBINAAN DI BAWAH WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH UNTUK MEWUJUDKAN PERADILAN BERMARTABAT

SAMI’AN, SAMI’AN (2020) REKONSTRUKSI PELAKSANAAN PENGAWASAN DAN PEMBINAAN DI BAWAH WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH UNTUK MEWUJUDKAN PERADILAN BERMARTABAT. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
RINGKASAN DISERTASI.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pencermatan dokumen. Data dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Maka dalam penelitian ini permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana Efektifitas peran pengawasan dan pembinaan di bawah wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah untuk mewujudkan peradilan bermartabat; 2. Apa yang menjadi hambatan dan Pendorong Pelaksanaan pengawasan dan pembinaan di bawah wilyah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah untuk mewujudkan peradilan bermartabat; 3. Bagaimana merekonstruksi Pelaksanaan pengawasan dan pembinaan dibawah wilyah hukum Pengadilan Tinggi Jawa Tengah untuk mewujudkan peradilan bermartabat. Hasil Pengawasan dan pembinaan pengadilan Pengadilan Tinggi harus dapat memberikan dampak secara internal maupun eksternal. Dari data penelitian yang didapatkan ada 5 pelanggaran hukum di antaranya adalah 1 (satu) Hakim dan 5 (lima) pegawai di bawah Pengadilan Tinggi Jawa Tengah. Kemudian dari kasus tesebut juga Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melakukan Usulan Mutasi dan Promosi. Mahkamah Agung telah mengembangkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding, Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) di tingkat Mahkamah Agung, aplikasi pengadilan elektronik (e-Court), dan Direktori Putusan untuk mempublikasikan putusan-putusan Mahkamah Agung. Sedangkan di bidang non teknis, Mahkamah Agung telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) untuk manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), aplikasi Komdanas (Komunikasi Data Nasional) untuk pengelolaan data keuangan, Sistem informasi pengawasan (SIWAS) untuk pengawasan dan pengendalian, Sisdiklat (Sistem Informasi Pendidikan dan Pelatihan). Pengadilan Tinggi Jawa tengah juga mengembangkan aplikasi SILAPER ( system Informasi Layanan Perkara) sebagai Asisten Virtual. Pembinaan tidak hanya terhadap hakim saja, tetapi melakukan pembinaan juga terhadap tenaga administrasi peradilan, Selain itu, undang-undang telah menetapkan bahwa pengawasan tidak boleh mengurangi independensi hakim. Undang-undang Kekuasaan Kehakiman sesuai dengan Pasal 39 sampai dengan 44 harus di Hapus dan di Buatkan Undang-Undang baru terkait dengan pengawasan dan pembinaan, Peneliti berharap tidak hanya Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, agar peradilan ini dapat berjalan dengan baik peneliti berharap Pengadilan Tinggi dan Komisi Yudisial, Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah dan Badan Keuangan baik masyarakat, akademisi dan penegak hukum turut serta melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pengawasan dan Pembinaan, Pengadilan Tinggi, Peradilan Bermartabat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:40
Last Modified: 08 Apr 2021 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item