ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN RUAS JALAN PROVINSI BTS.LINGKAR SALATIGA - KOPENG - NGABLAK

LAKSANA, SOFYAN DWI (2020) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN RUAS JALAN PROVINSI BTS.LINGKAR SALATIGA - KOPENG - NGABLAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Kabupaten Semarang adalah salah satu kabupaten menjadi destinasi wisata baik dari wilayah Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah. Selain itu pertumbuhaan penduduk yang tinggi mempengaruhi aktifitas atau kegiatan dalam transportasi. Seiring dengan pertumbuhan penduduk maka dapat berpengaruh terhadap tingkat kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi dan menimbulkan bangkitan yang tinggi sehingga resiko terjadinya kecelakaan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis daerah rawan kecelakaan di ruas jalan provinsi di wilayah kabupaten semarang. Ruas Jalan Provinsi Bts. Lingkar Salatiga – Kopeng – Ngablak merupakan ruas jalan provinsi yang memiliki jumlah kecelakaan tertinggi berdasarkan status jalan provinsi berdasarkan dengan metode tingkat kecelakaan dan memiliki angka fatalitas tertinggi berdasarkan metode angka ekuivalen kecelakaan (AEK) dan ditetapkan sebagai Blacksite, sementara titik blackspot berada di STA 1 KM 51+400 dan STA 5 - 7 KM 55+000 -KM 57,000. Tipe kecelakaan terbanyak adalah tipe kecelakaan depan-depan dengan persentase 49%, jenis kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah Sepeda motor dengan jumlah 78 kendaraan, Jumlah kecelakaan terbanyak adalah ada pada jam 06.00-12.00 dengan jumlah kejadian kecelakaan 20 kejadian sedangkan Penyebab kecelakaan yang paling banyak terjadi adalah kurangnya antisipasi pengendara dengan jumlah penyebab 24 kejadian. Dimana korban meninggal dunia mencapai 45 orang, korban luka berat 6 orang, korban luka ringan 77 orang, dan kerugian materil sejumlah 54 kerugian. Penanganan teknis lakukan melalui rekayasa jalan , manajemen persimpangan dan manajemen rekayasa lalu lintas yang ditujukan untuk meningkatkan kondisi keselamatan, meninimalisir tingkat fatalitas korban dan mengurangi angka kecelakaan. Kata kunci: Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK), Blackspot, Blacksite.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:36
Last Modified: 07 Apr 2021 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18638

Actions (login required)

View Item View Item