REKONSTRUKSI PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG BERKAITAN DENGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA BERBASIS NILAI KEADILAN

DJAMIR, H. MUHAMMAD (2020) REKONSTRUKSI PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG BERKAITAN DENGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA BERBASIS NILAI KEADILAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Potret penegakan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) berkaitan dengan tindak pidana narkotika pada saat ini menunjukan pelaku hanya dipidana penjara dan denda, pada kasus tertentu uang hasil kejahatan tidak bisa ditemukan atau dikembalikan, dan masih ditemukan berbagai kendala lainya dalam proses penegakan hukum TPPU. Berdasarkan hal tersebut, penegakan hukum TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika dalam sistem peradilan pidana belum berbasis nilai keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses penegakan hukum terhadap pelaku TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika, menemukan dan menganalisis alasan penegakan hukum TPPU yang berkaitan dengan tindak Pidana Narkotika dalam Sistem Peradilan Pidana belum berbasis nilai keadilan, dan pada akhirnya menemukan dan merumuskan rekonstruksi penegakan hukum TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika dalam sistem peradilan pidana di Indonesia berbasis nilai keadilan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif-empiris (apllied law research). Dari aspek normatif, penelitian ini difokuskan pada perumusan ketentuan dalam UU TPPU berkaitan dengan UU Tindak Pidana Narkotika yang perlu diperbaiki perumusanya, dilengkapi atau dirubah guna penyempurnaannya. Sedangkan dari aspek empiris, penelitian ini diarahkan pada pertimbangan dari para praktisi berkaitan dengan penerapan ketentuan tersebut pada peristiwa in concreto guna mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam peraturan serta ketentuan apa saja yang perlu direkonstruksi dan bagaimana bentuknya. Peneliti ini menggunakan 3 (tiga) teori utama sebagai pisau analisis, dimana peneliti menggunakan Grand Theory yang terdiri dari Teori Keadilan, Pancasila, dan Teori Sistem Hukum. Middle Range Theory yang terdiri dari Teori Penegakan Hukum dan Tujuan Pemidanaan, dan Applied Theory, dimana penulis menggunakan Teori Hukum Progresif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi proses penegakan hukum terhadap pelaku TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika adalah Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Penegakan Hukum TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika dalam sistem peradilan pidana belum berbasis nilai keadilan karena konsep penegakan hukum belum dilakukan secara menyeluruh baik itu dengan pencegahan dan penindakan. Rekonstruksi penegakan hukum terhadap pelaku TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika dalam sistem peradilan pidana dapat dilakukan melalui merevisi ketentuan hukum materiil dan hukum formiil terkait penegakan hukum TPPU berkaitan dengan tindak pidana narkotika dengan menempatkan keadilan yang hakiki. Keadilan tersebut yaitu keadilan dalam Pancasila, UUD 1945 dan prinsip-prinsip peraturan perundang-undangan. Kata Kunci: Tindak Pidana Pencucian Uang, Penegakan Hukum, Tindak Pidana Narkotika, Nilai Keadilan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:29
Last Modified: 07 Apr 2021 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18622

Actions (login required)

View Item View Item