PERENCANAAN JALAN LAYANG KERETA API CEPAT DARI UNDERPASS BANGETAYU SAMPAI STASIUN TAWANG SEMARANG

Lutviani, Mila and Yuliastanti, Monika Putri (2020) PERENCANAAN JALAN LAYANG KERETA API CEPAT DARI UNDERPASS BANGETAYU SAMPAI STASIUN TAWANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (12MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

Kereta api merupakan moda transportasi dengan konsumsi bahan bakar atau energi paling efisien ditinjau dari jumlah penumpang atau barang yang dapat diangkut maupun jarak perjalanannya. Menyusul jalur kereta api cepat Jakarta – Bandung, saat ini sedang dipersiapkan rencana membangun jalur Kereta Api Cepat Jakarta – Surabaya, yang melewati jalur kereta api lintas Utara atau jalur yang melewati kota Semarang. Dalam tugas akhir ini akan dirancang konstruksi jalan kereta api cepat layang dengan menggunakan Box Girder. Referensi yang digunakan yaitu perencanaan Box Girder menurut M Noer Ilham, hal pertama yang di lakukan yaitu dengan membuat preliminary design untuk menentukan dimensi Box Girder dan dilanjutkan dengan melakukan perhitungan Box Girder dari struktur jalan layang kereta api berkecepatan tinggi, ada dua metode dalam perencanaan Box Girder, yaitu metode beban kerja dan metode beban kekuatan batas, dengan lebar jalur double track 1.435 m dengan spesifikasi: tinggi girder 2.40 m, lembar jembatan 12 m, menggunakan mutu Box Girder K- 700 (fc’ = 58.1 MPa). Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis gaya prategang pertama 61717.7367 kN dan gaya prategang akhir setelah kehilangan tegangan sebesar 30% adalah 33891.0089 kN. Pada bagian Box Girder menggunakan pratekan terdiri dari: 21 tendon VSL dengan 7 kawat uncoated super ASTM A-416-06 kelas 270. Kemudian untuk tulangan longitudinal pada pelat bagian atas menggunakan D16-200, pada bagian dinding pelat menggunakan D16-265, dan pelat bagian bawah menggunakan tulangan D16-200. Kata Kunci : Box Girder, Kereta Api Cepat, Beton Prategang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:52
Last Modified: 07 Apr 2021 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item