ANALISIS MANAJEMEN KAPASITAS JALAN UNTUK MENGURANGI KEPADATAN JALAN PADA ( STUDI KASUS SIMPANG TIGA EX. TERMINAL TERBOYO KALIGAWE SEMARANG )

MUNFAATI, ATIN (2020) ANALISIS MANAJEMEN KAPASITAS JALAN UNTUK MENGURANGI KEPADATAN JALAN PADA ( STUDI KASUS SIMPANG TIGA EX. TERMINAL TERBOYO KALIGAWE SEMARANG ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah merupakan pusat kegiatan pemerintahan, ekonomi, sosial, pendidikan maupun kebudayaan di Jawa Tengah. Dengan peran Kota Semarang tersebut, maka Kota Semarang juga mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang sangat besar (Setiadji, 2006). Dari beberapa lokasi kepadatan lalu-lintas, jalan Kaligawe merupakan jalan yang paling mudah terjadi kepadatan lalu lintas karena jalur tersebut merupakan jalur padat aktivitas transportasinya karena Jalan Kaligawe adalah wilayah salah satu pusat industri, kampus Unissula, Rumah Sakit Islam Sultan Agung, dekat pelabuhan Tanjung Emas dan Ex. Terminal Terboyo. Oleh karena Jalan Kaligawe sering mengalami kepadatan lalu lintas maka perlu dilakukan analisa kapasitas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja, mengetahui hubungan antara manajemen lalu lintas dengan kapasitas jalan, dan memberikan solusi penyelesaian masalah kepadatan lalu lintas pada persimpangan Ex. Terminal Terboyo Kaligawe. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui survey 4 hari yaitu hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pada Tanggal 5 – 11 Agustus 2019. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan Microsoft Excel menggunakan rumus-rumus dipanduan MKJI fase bersinyal. Untuk menghitung pertumbuhan kendaraan menggunakan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kejenuhan jalan sebesar 0,68 yang berarti ruas jalan tersebut masuk dalam kategori tingkat pelayanan C (DS 0,45 – 0,74). Tingkat pelayanan C adalah tingkat arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dipengaruhi lalu lintas, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Maksudnya Jika pada jam-jam sibuk dimana arus stabil tetapi kecepatan dan pergerakan dikendalikan oleh volume lalu lintas yang lebih tinggi, kepadatan lau lintas sedang, karena hambatan internal lalu lintas meningkat, pengemudi memiliki keterbatasan untuk memilih kecepatan, pindah jalur atau mendahului. Berdasarkan analisa pertumbuhan kendaraan 5,5 %, diperoleh derajat kejenuhan tahun 2021 sudah jenuh (DS=0,76), sehingga perlu dilakukan manajemen kapasitas lalu lintas seperti menerapkan jam malam bagi kendaraan berat dengan memberikan sangsi apabila aturan itu masih tetap dilanggar, diberlakukan pintu satu arah yaitu pintu masuk dari Jalan Ex. Terminal terboyo dan pintu keluar lewat Jalan Terboyo Industri, menertibkan kendaraan roda dua dan bus yang sering parkir/berhenti di pintu masuk Pertigaan Ex.Terminal Terboyo. Kata Kunci : Kapasitas, Jalan, Kepadatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:41
Last Modified: 07 Apr 2021 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item