ANALISIS BAHU JALAN MENGGUNAKAN PAVING BLOCK BATA

Tsani, Nadia Salsabilla and Khasanah, Nadiyatul (2020) ANALISIS BAHU JALAN MENGGUNAKAN PAVING BLOCK BATA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (141kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (196kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Bahu jalan adalah jalur yang berfungsi sebagai tempat berhenti sementara untuk kendaraan yang mengalami keadaan darurat. Pada saat kendaraan akan berhenti maka kecepatan kendaraan harus dikurangi. Bahu jalan dengan menggunakan paving block dapat mereduksi kecepatan sehingga kendaraan bisa berhenti pelan pada keadaan darurat. Selain itu juga dapat mengurangi genangan air karena adanya resapan air terjadi. Dan besarnya nilai kekesatan paving block menguntungkan untuk segi keamanan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisa bahu jalan dengan paving block bata dengan cara membuat pemodelan bahu jalan, mengetahui pola penataan efektif dari hasil horizontal force, dan mengetahui hasil deformasi yang terjadi pada bahu jalan menggunakan paving block bata. Metode pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap identifikasi, tahap pengumpulan serta pengolahan data, dan tahap hasil serta kesimpulan . Pada pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan cara menggunakan software pemrograman antara lain SketchUp, SAP2000 dan Plaxis. SketchUp digunakan untuk permodelan desain tiga dim ensi sesuai ukuran lapangan. SAP2000 digunakan untuk mengetahui pola penataan yang efektif akibat horizontal force pada bahu jalan. Adapun Plaxis digunakan untuk mengetahui deformasi yang terjadi. Setelah dilakukan pemodelan pada software, SketchUp disimpulkan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan berbagai variasi dari pola penataan, bentuk dan interlocking. Sedangkan pada hasil Horizontal Creep didapatkan hasil terbesar sebesar 20 mm pada pola penataan basketweave dengan ketebalan 8 cm dan hasil terkecil sebesar 9 mm pada pola penataan herringbone 45 dengan ketebalan 6 cm. Adapun urutan pola penataan paling efektif yaitu dimulai dari herringbone 45, stretcher kemudian basketweave. Pada Plaxis hasil deformasi adalah sebesar 14,04 mm untuk ketebalan 6 cm dan 25 mm untuk ketebalan 8 cm. Kata Kunci : Paving Block; Bahu Jalan; Horizontal Creep; Pola Penataan; Deformasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 02:28
Last Modified: 07 Apr 2021 02:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item