REKONSTRUKSI PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI BERBENTUK BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI YANG BERBASIS NILAI KEMANFAATAN DAN KEADILAN

BUSTANI, BUSTANI (2020) REKONSTRUKSI PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI BERBENTUK BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) DALAM TINDAK PIDANA KORUPSI YANG BERBASIS NILAI KEMANFAATAN DAN KEADILAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER_1.pdf

Download (687kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
RINGKASAN DISERTASI_1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Suatu kemajuan dari undang-undang tindak pidana korupsi tersebut bahwa subjek tindak pidana korupsi tidak hanya orang perorangan tetapi juga korporasi, salah satu bentuk korporasi adalah berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun dalam praktiknya terdapat kendala dalam usaha pengembalian kerugian keuangan negara melalui pemidanaan terhadap korporasi pelaku korupsi baik dari aspek substansi, struktur maupun kultur hukum. Tujuan penelitian dalam penulisan disertasi ini adalah mengkaji dan mengetahui pertanggungjawaban pidana korporasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tindak pidana korupsi saat ini, mengkaji dan mengetahui alasan mengapa pertanggungjawaban pidana korporasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tindak pidana korupsi saat ini belum berbasis nilai kemanfaatan dan keadilan dan mengkaji dan mengetahui rekonstruksi pertanggungjawaban pidana korporasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tindak pidana korupsi yang berbasis nilai kemanfaatan dan keadilan. Metode penelitian dalam penulisan disertasi ini adalah menggunakan paradigma penelitian konstruktuvisme yaitu individu melakukan interpretasi dan bertindak menurut berbagai kategori konseptual yang ada dalam pikirannya. Jenis penelitian adalah penelitian hukum normatif, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan disertasi ini adalah penelitian hukum normatif (yuridis normatif). Penelitian Hukum Normatif yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka. Bahan yang diteliti di dalam penelitian hukum normatif adalah bahan pustaka atau data sekunder. Hasil Penelitian berdasarkan analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif serta paradigma studi konstruktivisme maka dapat disimpulan bahwa : 1) Pertanggungjawaban pidana korporasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tindak pidana korupsi saat ini berupa pemidanaan tindak pidana korupsi di Indonesia belum berkeadilan; 2) Kelemahan-kelemahan pertanggungjawaban pidana korporasi berbentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam tindak pidana korupsi saat ini salah satunya adalah dalam perumusan tentang kapan korporasi melakukan tindak pidana korupsi tidak diatur atau dijelaskan pengertian “hubungan kerja” dan “hubungan lain” menurut UUPTPK; 3) Rekonstruksi Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi dan rekonstruksi Undang-Undang Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Rekomendasi terdiri dari perlu adanya revisi terhadap UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi terkait dengan sanksi pidananya dan adanya revisi terhadap Undang-Undang No. 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara terkait sanksi yang diterima oleh korporasi. Kata kunci : rekonstruksi, pertanggungjawaban, pidana, korporasi, korupsi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:15
Last Modified: 29 Mar 2021 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18433

Actions (login required)

View Item View Item