PENGEMBANGAN MEDIA “MATH SEED BOARD” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN SIKAP MANDIRI SISWA KELAS 3 SD NEGERI KEDALINGAN 02

Nertasari, Wahyu Fitri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA “MATH SEED BOARD” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN SIKAP MANDIRI SISWA KELAS 3 SD NEGERI KEDALINGAN 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (445kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari produk media pembelajaran “Math Seed Board” pada mata pembelajaran Matematika pembagian sebagai pengurangan berulang. Produk media pembelajaran “Math Seed Board” ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa dan guru. Guru belum menggunakan media karena terkendala dalam penyampaian materi pada pembelajaran Matematika khususnya pembagian sebagai pengurangan berulang, sehingga kemampuan siswa dalam berhitung pembagian masih kurang. Siswa kesulitan dalam memahami konsep pembagian sebagai pengurangan berulang, dan tidak adanya media membuat siswa kurang memiliki kemandirian karena hanya bergantung pada guru. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah mengacu pada prosedur penelitian pengembangan menurut Sugiyono, dan diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari 3 validator media dengan rata-rata 42,3 dan di intervalkan menjadi 4,23 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi dari 2 validator instrumen soal tes memperoleh rata-rata 32 kemudian diintervalkan menjadi 4,57 demgan kriteria “Sangat Baik”. Hasil validasi dari 2 validator istrumen angket sikap mandiri memperoleh rata-rata 47,5 dan diintervalkan menjadi 4,75 dengan kriteria “Sangat Baik”. (2) hasil dari uji skala terbatas diperoleh respon 6 siswa dengan interval 4,77 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 4,8 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil dari uji skala besar diperoleh respon 11 siswa dengan interval 4,92 dengan kriteria “Sangat Baik”, sedangkan hasil dari respon guru diperoleh interval 4,9 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) hasil dari peningkatan kemampuan berhitung siswa mencapai nilai 0,56 dengan interpretasi “Sedang”. (4) hasil dari peningkatan sikap mandiri siswa mencapai nilai 0,78 dengan interpretasi “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan produk “Math Seed Board” dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk dijadikan media pembelajaran. Kata kunci: Media pembelajaran, kemampuan berhitung, sikap mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:18
Last Modified: 26 Mar 2021 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item