Yunianti, Vera (2020) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS PADA SOAL PAS GANJIL KELAS IV SD TAHUN 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
abstrak.pdf Download (307kB) |
|
Text
cover.pdf Download (890kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (239kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (427kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (437kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (7MB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo 03 pada mata pelajaran matematika mengenai pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahannya adalah kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dan bagaimana solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika PAS ganjil tahun 2019. Dalam penelitian ini menggunakan prosedur newman untuk menganalisis kesalahan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dan bagaimana solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika PAS ganjil tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji konfimabilitas. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa pada kesalahan membaca (reading errors), yakni siswa salah dalam membaca angka pada soal. Kesalahan memahami (comprehension errors), yakni siswa salah dalam memahami apa yang dimaksudkan soal, terbalik dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya, salah menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanya, dan kurang tepat dalam menuliskan informasi yang ditanyakan. Kesalahan transformasi (transformation errors), yakni siswa tidak menjabarkan proses perhitungan dan langsung menuliskan jawaban, salah dalam memilih operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal,tidak mengetahui operasi hitung yang digunakan dan tidak mengerjakannya. Kesalahan proses perhitungan (process skill errors), yakni siswa tidak melanjutkan proses perhitungan untuk menyelesaikan soal dan salah dalam melakukan operasi hitung. Kesalahan penulisan jawaban (encoding errors), yakni siswa tidak menuliskan urutan nama pemilik pita.Solusi guna meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika adalah dengan menggunakan inovasi saat proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi matematika, menggunakan alat peraga konkret saat pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis. Kata Kunci : kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 07:17 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18355 |
Actions (login required)
View Item |