PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS MIND MAPPING BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SEKOLAH DASAR

Yuliantini, Nimas Artika (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS MIND MAPPING BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan produk “Buku Pengayaan Berbasis Mind Mapping” pada materi yang ada pada tema 6 dan subtema 3 yaitu pembelajaran tematik. Produk “Buku Pengayaan Berbasis Mind Mappinng” dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Peserta didik masih kesulitan dalam mencari dan menemukan materi yang dipelajari karena kurangnya sumber belajar, sedangkan guru memiliki keterbatasan dalam memberikan materi dan menjadi pusat bagi peserta didik. Adanya pengembangan produk ini dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah mengacu pada pengembangan menurut Triagarajan dan Sivasailam yaitu Four-D. Pada penelitian ini memperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi 4 validator yang memperoleh rata-rata 0,80 untuk kategori materi, untuk kategori penyajian mendapat rata-rata 0,82, kategori bahasa dan keterbacaan mendapat rata-rata 0,71, dan katergori grafika mendapat rata-rata 0,79. Jumlah rata-rata semua kategori adalah 0,78 dengan kriteria “Tinggi”, (2) hasil uji skala kecil mendapat hasil 84% dari respon guru dan dengan jumlah responden 10 peserta didik yang mendapat skor 100 dengan presentase 100% dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, (3) hasil uji skala besar mendapat hasil 88% dari hasil respon guru dan dengan jumlah responden 30 peserta didik yang mendapat skor 279 dengan presentase 93% dan masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebuat maka pengembangan buku pengayaan berbasis mind mapping dinayatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Kata kunci: Buku Pengayaan, Mind Mapping, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:16
Last Modified: 26 Mar 2021 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item