Sutaji, Diah Ayuk Tri (2020) EDULAN (EDUKASI PAHLAWAN) - MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV DI SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
abstrak.pdf Download (330kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (351kB) |
|
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (236kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (443kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif materi perjuangan para pahlawan. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif dan pembelajaran materi IPS cenderung hafalan membuat siswa sulit memahami materi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan media pembelajaran interaktif muatan pelajaran IPS materi Perjuangan Para Pahlawan Kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapannya adalah: Tahap investigasi awal meliputi analisis kurikulum, analisis karakter siswa, analisis materi, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (desain) meliputi penyusunan materi, pemilihan media, penyusunan pemilihan format, dan desain media pembelajaran interaktif. tahap realisasi (konstruksi) meliputi produk jadi aplikasi (.apk). tahap tes, evaluasi, dan revisi meliputi uji validasi media dan validasi instrumen angket. Tahap implementasi meliputi uji respon siswa dan guru (2) Hasil penelitian uji validasi media mendapatkan skor 0,93 kategori sangat valid, (3) hasil validasi instrumen angket respon guru dan siswa mendapatkan skor 0,93 kategori sangat valid, (4) hasil uji coba respon siswa mendapatkan skor 42,9 kategori sangat baik, (5) hasil respon guru mendapatkan skor 48 kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif Edulan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Edulan (Edukasi Pahlawan), media pembelajaran interaktif, muatan pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 03:57 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 03:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18348 |
Actions (login required)
View Item |