SEKOLAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA SD NEGERI SRONDOL WETAN 02 BANYUMANIK

Kartika, Nicky Silvia (2020) SEKOLAH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA SD NEGERI SRONDOL WETAN 02 BANYUMANIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Berdasarkan data awal pada tanggal 19 Desember 2018 di SD Negeri Srondol Wetan 02 Banyumanik telah melaksanakan pendidikan karakter salah satunya adalah dengan adanya kegiatan pembiasaan sebelum pelajaran dimulai. Namun dalam pelaksanaan kegiatana masih belum berjalan efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sekolah berbasis pendidikan karakter di SDN Srondol Wetan 02 Banyumanik. Dalam penelitian ini hal yang penting adalah menumbuhkan sikap religius dalam pendikar siswa. Penelitian berfokus pada Pelaksanaan Pendidikan karakter dalam kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus tunggal. Subjek yang diteliti adalah guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik adalah observasi, wawancara semi terstruktur, dan angket. Teknik keabsahan yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Hasil penelitian ini kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna di SD Negeri Srondol Weran 02 merupakan sebuah metode rutinitas dalam membentuk karakter religius siswa dilakukan setelah apel pagi setiapp hari selasa dan kamis pada pukul 07.15-07.30 dengan durasi 15 menit. Kesimpulannya adalah pelaksanaan pembiasaan sudah berlangsung cukup baik ditandai dengan antusias siswa yakni banyak siswa yang hafal Asmaul Husna dari sebelumnya. Kata kunci : Pendidikan karakter, Pembiasaan Membaca Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:37
Last Modified: 24 Mar 2021 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18330

Actions (login required)

View Item View Item