Ardi, Bayu Adityo (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 2 TERNADI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (164kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (959kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (295kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui pencapaian KKM siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika kelas IV. Kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil nilai signifikansi yang menunjukkan angka 0,200 > 0,05. Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional (X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (Y1). Selanjutnya hasil uji independent menunjukkan nilai signifikansi menunjukkan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran; dan (2) Saat pretest, kelas eksperimen siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 3 siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM sebanyak 17 siswa. Sedangkan setelah posttest yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa dan terdapat 4 siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18313 |
Actions (login required)
View Item |