Alwan, Rahmat Megah Khoirul (2020) Pengaruh Mobile Advergame terhadap Sikap Konsumen dan Keputusan Mengunduh Aplikasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover.pdf Download (785kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (135kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (40kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (41kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (622kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
Abstract
Saat ini perkembangan Mobile game di Indonesia sangat banyak peminatnya, berdasarkan data yang didapat dalam portal berita seluler.id menyatakan bahwa di Indonesia sendiri pengguna smartphone mencapai 82 juta lebih. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh barnd yang menyisipkan logo brand dan informasi produknya sepanjang alur permainan. Dengan munculnya iklan pada saat bermain game terdapat kemungkinan masalah bahwa iklan tersebut mengganggu para pemain saat bermain game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile advergame terhadap sikap konsumen dan keputusan mengunduh aplikasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif explanatory dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hierarchy of Effects Theory. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada 100 orang responden di Kota Semarang menggunakan Teknik purposive sampling. Perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Rank Spearman menggunakan bantuan aplikasi IMB SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan beberapa uji data statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner yang dihitung dinyatakan valid karena r hitung> r tabel (0,195), dan juga dinyatakan reliabel dengan nilai yang berada di atas nilai 0,600. Uji analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa adanya hunbungan signifikan antara mobile advergame (X1) dengan sikap konsumen (Y) sebesar 0,000<0,05. Terdapat hubungan yang kuata antara mobile advergame (X1) dengan sikap konsumen (Y2) sebesar 0,625. Kemudian terdapat yang signifikan antara mobile advergame (X1) keputusan mengunduh aplikasi (Y2) sebesar 0,000<0,05. Terdapat hubungan yang kuata antara mobile advergame (X1) dengan keputusan mengunduh aplikasi (Y2) sebesar 0,560. Dengan demikaian dapat ditarik kesimpulan bahwa mobile advergame memiliki pengaruh yang positif secara signifikan terhadap sikap konsumen dan keputusan mengunduh aplikasi. Akan tetapi ada beberapa keterbatasan yang dijumpai dalam penelitian ini seperti masih banya responden yang memberi respon negatif terhadap mobile advergame dan jawaban yang diberikan pada kuesioner terkesan asal menjawab seperti tidak membaca kuesionernya terbih dahulu. Maka dari itu diharapkan penelitian selanjutnya, peneliti merkomendasikan untuk dapat meneliti iklan yang berada di media online lainnya supanya penelitian kedepannya dapan lebih baik lagi. Kata Kunci : Ikaln, Mobile Advergame, Sikap Konsumen, Keputusan Mengunduh Aplikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:58 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18298 |
Actions (login required)
View Item |