PENERAPAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP PADA PROSES PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH PALEBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SAPUTRI, SAPURIAN (2020) PENERAPAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP PADA PROSES PEMBELAJARAN FIQH SISWA KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH PALEBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (813kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi Buzz Group dalam proses pembelajaran Fiqh di MTs Futuhiyyah Palebon Semarang. Untuk mengetahui penerapan metode diskusi Buzz Group dalam proses pembelajaran Ilmu Fiqih di MTs Futuhiyyah Palebon Semarang. Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan metode Buzz Group dalam proses pembelajaran Ilmu Fiqih di MTs Futuhiyyah Palebon Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu Perencanaan dengan metode buzz ini sudah cukup baik sebagaimana bahwa Guru Bidang Studi Ilmu Fiqih di Mts Futuhiyyah Palebon telah membuat suatu perencanaan pembelajaran yang disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang disusun oleh guru cukup sistematis yang secara garis besar mencakup tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan, apa yang dicapai segala hasil dari proses pembelajaran yang akan dilaksanakan, cara apa yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, dalam tahap perencaan pembelajaran ini,terlihat perencanaan pembelajaran yang dibuat Guru Mata Pelajaran Fiqih di Mts Palebon sudah sesuai sebagaimana yang tertuang dalam RPP. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Diskusi Buzz Group berjalan dengan baik, ini didasarkan dari hasil observasi di kelas pada saat pelaksanaan pembelajaran, maka dapat dikemukakan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dikelas melalui beberapa tahap, yaitu tahapan pendahuluan, tahapan inti dan tahapan penutup.Evaluasi pelaksanaan metode diskusi buzz Group memang belum bisa dikatakan sempurna. Namun secara garis besar proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode buzz group lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya dengan metode ceramah.dan mencatat. Kata Kunci : Penerapan Metode Diskusi Buzz Group

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:09
Last Modified: 16 Mar 2021 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item View Item