IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG

NAIMAH, ALIMATUN (2020) IMPLEMENTASI METODE KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (757kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Fikih pendidik harus memiliki inovasi untuk menyampaikan materi pelajaran agar peserta didik tidak merasakan kejenuhan saat berlangsungnya proses pembelajaran. Dari situlah pendidik mata pelajaran Fikih di SMP IT Asshodiqiyah Semarang menerapkan metode pembelajaran karyawisata dalam penyampaian materi ziarah kubur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode karyawisata di SMP IT Asshodiqiyah Semarang, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Fikih metode karyawisata. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: implementasi metode karyawisata pada mata pelajaran Fikih dilaksanakan dengan beberapa langkah, yaitu perencanaan pembelajaran pendidik menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus di awal tahun ajaran baru; kemudian pelaksanaan pembelajaran, pendidik menyampaikan teori di kelas, praktik tahlil bersama, proses pelaksanaan metode karyawisata ke objek yang telah ditentukan; lalu evaluasi pembelajaran, pendidik mata pelajaran Fikih tidak menggunakan lembar observasi namun cukup dengan hasil pengamatan peserta didik yang dilakukan oleh pendidik dan pendamping Kata Kunci: Metode Karyawisata, Fikih, SMP IT Asshodiqiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:51
Last Modified: 16 Mar 2021 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item