ISLAMIYATI, DIAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover.pdf Download (400kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (249kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstraksi.pdf Download (205kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (514kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengaruh model pembelajaran Non Directive terhadap aktivitas belajara peserta didik. Dalam pendidikan tentunya memerlukan pembelajran yang baik, yaitu pembelajraan yang aktif bahwa dalam proses belajar guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis penuh aktivitas, sehigga peserta didik aktif dalam proses belajar seperti bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan gagasan. Melalui model pembelajaran Non Directive memperlihatkan bentuk keterlibatan tinggi peserta didik dalam melakukan observasi, penyelidikan, dan pembentukan hipotesis. Sehingga membuat proses belajar menjadi aktif dan tidak membosankan, terutama dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Non Directive terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan field research atau penelitian lapangan. Peneliti secara langsung terjun kelapangan yang akan diteliti. Kemudian untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik angket berupa sekala likert, berupa pernyataan-pernyataan yang diambil dari indikator-indikator yang ada di setiap varibel. Selanjutnya dalam mengolah data peneliti menggunakan rumus korelasi PPMC (person product moment correlation) yang kemudian penulis analisis menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Non Directive terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas X IPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 25 menggunakan uji korelasi product moment, dapat diketahui t hitung 5,390 lebih besar dari t tabel 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Kata kunci: Pengaruh, model pembelajaran Non Directive, aktivitas belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 06:42 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 06:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18141 |
Actions (login required)
View Item |