Fatimah, Etika Dewi (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover.pdf Download (370kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (256kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (437kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstraksi.pdf Download (216kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (613kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan pengaruh model pembelajaran terhadap tingkat keaktifan belajar peserta didik. Dalam proses belajar mengajar peserta didik dituntut untuk bertindak aktif dan kreatif, salah satunya guru harus mampu menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran dengan tepat. Melalui model discovery learning, peserta didik dapat terlibat secara langsung dan aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran. Sehingga membuat suasana belajar menjadi aktif dan tidak membosankan, terutama dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik angket berupa skala likert, berupa pernyataan-pernyataan yang diambil dari indikator-indikator yang ada di setiap variabel. Selanjutnya dalam mengolah data peneliti menggunakan rumus korelasi PPMC (person product moment corellation) yang kemudian penulis analisis menggunakan aplikasi spss tipe 25. Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap keaktifan belajar peserta kelas X IPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 25 menggunakan rumus uji korelasi product moment, dapat diketahui r hitung sebesar 1,175 lebih kecil daripada t tabel (1,684 ) dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0, 242 > 0.05, yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: model discovery learning, keakifan belajar, peserta didik, pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:49 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 04:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18140 |
Actions (login required)
View Item |