PENGARUH BUDAYA SEKOLAH ISLAMI TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTS AL-HAMIDIYYAH WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK

MUSYAYYADAH, NUR ALIF (2020) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH ISLAMI TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTS AL-HAMIDIYYAH WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Budaya sekolah islami merupakan budaya yang berupa daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa, yang dapat diartikan sebagai segala tindakan manusia untuk mengolah atau mengerjakan sesuatu yang dilandasi dengan nilai-nilai agama. Ada beberapa budaya sekolah islami di Mts al Hamidiyyah Wringinjajar Mranggen Demak seperti Sholat duha, Tadarus al qur’an, Sholat dzuhur berjamaah dan Budaya Kebersihan. Adakah pengaruh budaya sekolah islami terhadap pembentukan akhlakul karimah siswa di Mts al hamidiyyah Wringinjajar Mranggen Demak. Adapun tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui budaya sekolah islami di Mts al hamidiyyah Wringinjajar Mranggen Demak, dan ingin mengetahui hubungan Akhlakul karimah siswa di Mts al hamidiyyah Wringinjajar Mranggen Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX yaitu sejumlah 220 peserta didik, dan penulis mengambil sampel di kelas VII, VIII dan IX dengan sejumlah 55 peserta didik. Metode pengambilan data yang digunakan melalui dokumen, kuesioner dan wawancara, kemudian data tersebut di analisis melalui rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah islami terhadap akhlakul karimah siswa dengan dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment. Diketahui bahwa rhitung 0,411 dengan taraf signifikan rtabel sebesar 0,266. Hal ini dapat di interprestasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah islami terhadap akhlakul karimah siswa di Mts al hamidiyyah Wringinjajar Mranggen Demak. Kata Kunci : Pengaruh Budaya Sekolah Islami, Akhlakul Karimah Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:47
Last Modified: 06 Jan 2021 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item