PENENTUAN STRATEGI BAGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MENGGUNAKAN METODE TEKNOMETRIK DAN ANALISA SWOT (Studi Kasus : IKM AIK Snack)

DWIANTO, ISMU (2020) PENENTUAN STRATEGI BAGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MENGGUNAKAN METODE TEKNOMETRIK DAN ANALISA SWOT (Studi Kasus : IKM AIK Snack). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

IKM AIK Snack berdiri pada tahun 2016 dan karyawan yang dimiliki IKM AIK Snack berjumlah 5-9 orang. Dalam melakukan aktivitas produksinya IKM AIK Snack menggunakan peralatan manual. Dari berbagai macam permasalahan yang ada seperti sistem pemasaran yang dilakukan pada IKM AIK Snack masih sangat minim dari teknologi saat ini seperti media sosial online (Internet) sehingga kurang dikenal masyarakat di kawasan kota Semarang. Permasalahan yang lain yaitu karyawan yang bekerja di IKM AIK Snack masih belum terorganisir dengan baik karena belum ada struktur organisasi yang jelas pada IKM AIK Snack dan pemilik selaku orang yang memiliki peran yang sangat penting dalam keseluruhan kegiatan produksi dan pemasaran. Selain itu penataan stasiun kerja pada IKM AIK Snack masih belum terstruktur dengan baik. Penelitian ini memfokuskan kepada peningkatan teknologi. Menurut Sharif (1993) teknologi harus dilihat secara utuh dengan cara menguraikannya dalam empat komponen yaitu perangkat keras (technoware), perangkat manusia (humanware), perangkat informasi (infoware) dan perangkat organisasi (orgaware). Sehingga peningkatan dan penilaian teknologi yang ada pada IKM AIK Snack perlu dilakukan agar diketahui seberapa besar kontribusi komponen teknologi yang diterapkan. Hasil pengukuran komponen teknologi tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan industri IKM AIK Snack. Pada penelitian ini digunakan metode teknometrik dan analisa SWOT. Dalam metode teknometrik didapatkan nilai TCC (Technology Contribution Coefficient) pada IKM AIK Snack dan IKM pembanding yaitu IKM Debyana Snack dengan nilai sebesar 0,5060 dan 0,5332. Dari nilai TCC tersebut sehingga dapat dikatakan pada kedua IKM tersebut berada pada tingkat klasifikasi baik. Pada analisa SWOT yang telah dilakukan, posisi IKM AIK Snack saat ini berada pada kuadran IV. Strategi yang paling tepat digunakan adalah strategi bertahan. Strategi ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, IKM AIK Snack menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal. Kata Kunci : metode teknometrik, analisa SWOT, peningkatatan daya saing usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Nov 2020 07:08
Last Modified: 16 Nov 2020 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item