IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA DAN USULAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DI PT MAJU JAYA SARANA GRAFIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL)

WIBAWANTO, KRISNARJUNA BAGUS (2020) IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA DAN USULAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA DI PT MAJU JAYA SARANA GRAFIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam sistem ketenagakerjaan dan sumber daya manusia. K3 tidak saja sangat penting dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan para pekerjanya akan tetapi jauh dari itu K3 mempunyai dampak positif atas keberlanjutan produktivitas kerja. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu masih tingginya risiko kecelakaan kerja karena kurangnya penekanan kebijakan K3 di perusahaan serta masih banyak pekerja yang tidak memahami bahkan mengabaikan pentingnya K3 terhadap tenaga kerja itu sendiri dan terhadap perusahaan. Tingginya risiko dan tingginya tingkat keparahan risiko kecelakaan kerja di PT Maju Jaya Sarana Grafika menjadi rumusan masalah peneliti yang bertujuan untuk memberikan usulan pengendalian resiko. HIRARC adalah salah satu metode dalam manajemen risiko. Penggunaan Metode HIRARC (Hazard identification Risk Assessmen And Risk Control) yang diterapkan pada perusahaan dapat menekan risiko kecelakaan kerja yang sangat kecil dan memberikan dampak besar terhadap perusahaan maupun pekerjanya. Penerapan metode ini didasari penelitian yang subyektif dan obyektif sehingga manfaat bisa dirasakan perusahaan dan pekerja dalam menunjang kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang lebih baik lagi serta perusahaan dapat melakukan program berbasis integritas seperti ISO 45001 yaitu program yang merujuk ke Sistem Manajemen K3 dan program kerja lainnya seperti ZAP (Zero Accident Promotion) yaitu program kerja yang berorientasi pada kemampuan perusahaan memperkecil tingkat kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan. Metode ini memiliki Pengendalian Risiko yang didalamnya terdapat tata cara memberikan pengendalian terhadap risiko kecelakaan kerja yang terjadi, sehingga apabila pengimplementasian ini berhasil maka kecelakaan kerja dapat ditekan sekecil mungkin dan meminimasi risiko kecelakaan kerja. Hasil analisa Identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko diatas menyatakan bahwa terdapat 122 potensi bahaya yang faktor kecelakaan kerja terdapat pada lingkungan kerja , manusia dan mesin yang digunakan. Maka dari itu, perlu dilakukannya penanganan dan perbaikan lebih dengan menjalankan keseluruhan rekomendasi dari pengendalian risiko yang telah diberikan. Karena pengendalian risiko yang diberikan adalah pengendalian secara kualitatif dan bedasarkan ahli K3 kimia dan Ahli K3 Umum maka pengendalian ini dilakukan secara sistematis untuk hasil yang lebih konsisten dalam pengendaliannya. Kata Kunci : Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3), HIRARC, Pengendalian Resiko

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:52
Last Modified: 12 Nov 2020 04:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item