ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM PADA INDUSTRI SABLON RUMAHAN (Study Kasus : Omah Sablon)

SAPUTRO, SEPTIYAN ADI (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM PADA INDUSTRI SABLON RUMAHAN (Study Kasus : Omah Sablon). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Omah Sablon merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sablon. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang sablon, Omah Sablon harus lebih kreatif dalam merancang dan memutuskan misi bisnis dan strategi pemasaran yang akan diterapkan di lapangan untuk bisa mengantisipasi berbagai macam perubahan yang akan terjadi. Perusahaan dapat terus berkompetisi dan bergerak searah dengan keinginan konsumen, karena pada dasarnya fungsi perusahaan adalah memproduksi barang dan jasa yang dapat diterima konsumen sekaligus dapat memenuhi keinginan konsumen. Jumlah penjualan yang belum stabil mengakibatkan laba yang diperoleh perusahaan belum mencapai target sesuai keinginan perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena proses produksi atau pemesanan dari konsumen omah sablon terjadi secara musiman. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan hasil penjualan. Dalam analisis strategi pemasaran Omah Sablon dilakukan menggunakan metode Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Langkah pertama yaitu melakukan pengisian kuisioner faktor internal dan eksternal yang selanjutnya dianalisa menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE), dengan nilai masing-masing IFE 2.69 dan EFE 2.31 yang dimasukan ke dalam matriks Grand Strategi dan diketahui perusahaan berada pada kuadran I (memiliki posisi strategis yang sempurna). Selanjutnya analisa SWOT untuk menghasilkan alternative strategi. Kemudian dari analisa matriks Grand Strategi dapat mengambil kesimpulan untuk menggunakan strategi yang paling menarik untuk dianalisa enggunakan QSPM. Kemudian dari hasil matriks QSPM dapat disimpulkan Strategi pemasaran yang paling sesuai digunakan oleh Omah Sablon untuk meningkatkan penjualan yaitu Pengadaan system QC pada proses produksi sebagai penjamin mutu produk, Mengadakan program pemasaran dengan system canvassing dan juga system online dipusat keramaian kota Ungaran dan Memberikan pelayanan yang cepat dan mudah serta menambah varian produk. Kata Kunci : SWOT, Grand Strategy, QSPM   ABSTRACT Omah Sablon is a company engaged in screen printing. As a company engaged in screen printing, Omah Sablon must be more creative in designing and deciding business missions and marketing strategies that will be applied in the field to be able to anticipate various kinds of changes that will occur. Companies can continue to compete and move in the direction of consumer desires, because basically the company's function is to produce goods and services that can be accepted by consumers as well as to meet consumer desires. The number of sales that have not been stable causes the profits obtained by the company to not reach the target as desired by the company. That is because the production or ordering process from omah screen printing consumers occurs seasonally. Therefore it is necessary to analyze the marketing strategy to increase sales results. In the analysis of marketing strategies Omah Sablon is carried out using the Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT) and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) methods. The first step is filling out internal and external factor questionnaires which are then analyzed using the Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrices, with values of IFE 2.69 and EFE 2.31, which are entered into the Grand Strategy matrix and known to the company located in quadrant I (has a perfect strategic position). Furthermore SWOT analysis to produce alternative strategies. Then from the Grand Strategy matrix analysis can draw conclusions to use the most interesting strategy to be analyzed using QSPM. Then from the results of the QSPM matrix it can be concluded that the most appropriate marketing strategy used by Omah Sablon to increase sales is Procurement of QC systems in the production process as a guarantor of product quality, Carrying out marketing programs with canvassing systems and also online systems in downtown Ungaran and providing fast service. and easy and add product variants. Keywords: SWOT, Grand Strategy, QS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Nov 2020 22:35
Last Modified: 11 Nov 2020 22:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17967

Actions (login required)

View Item View Item